SEMINAR PENULISAN SEJARAH LOKAL

 

RINGKASAN HASIL

SEMINAR PENULISAN SEJARAH LOKAL

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH

 

 

I.     NAMA KEGIATAN, TEMPAT, DAN WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal Program Studi Pendidikan Sejarah diselenggarakan, dengan ketentuan sebagai berikut

Nama Kegiatan         : Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal

Tempat Kegiatan      : Aula AK. Anshori

Waktu Pelaksanaan   : Senin, 3 Juni 2013    

 

 

II.  TUJUAN KEGIATAN

Tujuan diselenggarakannya Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal

Program Studi Pendidikan Sejarah adalah untuk :

1.      Memberi bekal pengetahuan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah UMP mengenai teori-teori tentang penelitian dan penulisan sejarah lokal

2.      Memberikan stimulus kepada mahasiswa untuk tidak hanya meneliti sejarah nasional Indonesia namun juga sejarah lokal di Indonesia

3.      Memberikan gambaran umum mengenai tema-tema sejarah lokal apa saja yang dapat diteliti oleh mahasiswa

4.      Menjelaskan manfaat penelitian sejarah lokal khususnya lokal Banyumasan bagi mahasiswa sejarah dan masyarakat sekitar Banyumasan

 

III.       DASAR PEMIKIRAN

Dalam penulisan sejarah selama ini banyak yang mengabaikan sejarah lokal. Dalam dunia pendidikan misalnya, kurikulum sejarah dari waktu-waktu cenderung hanya menampilkan sejarah nasional. Hal ini sangat disayangkan karena banyak peristiwa lokal yang bernilai edukatif, inspiratif, dan rekreatif. Tanpa pengetahuan tentang sejarah lokal, kita sebagai bangsa tidak akan menyadari realitas kebangsaan yang sesungguhnya. Kita terpaku pada sejarah-sejarah yang semata-mata nasionalisme saja.

Sejarah lokal adalah sejarah yang menyangkut lokalitas tertentu yang disepakati oleh para penulis sejarah atau sejarawan dengan alasan-alasan ilmiah. Titik tolak studi sejarah lokal adalah untuk menyumbang sejarah nasional karena sejarah nasional itu sendiri dibangun dari  susunan-susunan sejarah lokal. Dengan demikian sangat penting kiranya kegiatan seminar penelitian sejarah lokal khususnya bagi mahasiswa sejarah.

 

IV.   SASARAN KEGIATAN

Peserta Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal Program Studi Pendidikan Sejarah ini, terdiri atas: dosen Program Studi Pendidikan Sejarah UMP, mahasiswa Prodi P. Sejarah UMP, guru sejarah dari Purwokerto dan Kabupaten Banyumas (SMP dan SMA) serta dari perwakilan alumni. Daftar peserta Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal terlampir (dalam lampiran 1).

 

V.    NARASUMBER KEGIATAN

Narasumber kegiatan selaku pembicara Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal Program Studi Pendidikan Sejarah adalah Prof. Dr. Wasino Guru Besar Sejarah dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Prof. Dr. Sugeng Priyadi Guru Besar Sejarah dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

 

VI.   HASIL-HASIL PENTING

Dari Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal tersebut dapat dikemukakan beberapa hal penting sebagai berikut:

1.      Peristiwa-peristiwa lokal dalam sejarah ternyata banyak dilupakan oleh masyarakat pendukungnya sendiri, namun justru masih dikenali oleh masyarakat diluar

2.      Objek sejarah lokal tidak identik dengan objek sejarah nasional baik secara temporal maupun spatial

3.      Kedekatan antara peneliti dengan objek sejarah menuntut kemampuan teknis dan daya analisis yang tinggi bagi para sejarawan

4.      Pemilihan topik dalam penulisan sejarah lokal seringkali karena adanya kedekatan emosional karena memang hal ini lebih menguntungkan. Penulis sudah mengenal sangat dekat apa yang mau diteliti.

5.      Ada empat corak studi lokal di Indonesia yaitu peristiwa khusus, struktur, tematis, dan sejarah umum.

6.      Salah satu alasan kelemahan yang mendasar bagi para sejarawan lokal adalah kemampuan metodologi dan metode sejarah

7.      Fenomena penulisan sejarah nasional tingkat lokal bukan sejarah lokal itu sendiri disebabkan oleh beberapa hal yaitu: tidak ada acuan atau referensi, lemahnya kerangka konseptual, model penulisan sejarah lokal

 

         Ada beberapa permasalahan (dari beberapa pertanyaan) peserta workshop yang muncul yaitu sebagai berikut:

1.    Bagaimana caranya menumbuhkan minat untuk menulis sejarah lokal khususnya bagi mahasiswa sejarah?

(Umi Saidatun semester 6)

2.    Sejarah lokal kental dengan sumber-sumber babad, bagaimana caranya penulis sejarah lokal tidak terjebak dengan cerita-cerita mitos yang ada dalam babad?

(Windi Widiastuti semester 4 )

3.    Sumber-sumber buku apa saja yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk menulis sejarah lokal?

(Roikhatul semester 2)

4.    Pada proses kritik sumber, apa saja yang perlu diperhatikan oleh sejarawan agar tulisannya benar-benar dapat dipercaya?

(Yusup semester 2)

 

VII.  PENUTUP

Demikianlah laporan hasil Seminar Penelitian dan Penulisan Sejarah Lokal Program Studi Pendidikan SejarahFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Semoga kegiatan sejenis dapat menjadi agenda tahunan Prodi P. Sejarah FKIP UMP untuk meningkatkan kualitas penelitian baik bagi mahasiswa maupun dosen.

 

DOKUMENTASI

 

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239