Prof Sugeng Luncurkan Buku Terbaru

PURWOKERTO,-" Dialek Banyumasan atau bahasa pangiyongan sudah ada dari abad 16-17 silam. Hal ini diketahui dari Manuskrip Kalibening yang tersimpan rapi di Dukuh Kalibening, Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas." kata

Prof Dr Sugeng Priyadi MHum merilis buku Bibliotheca Banyumasica Penafsiran Fakta-Fakta Sejarah Banyumas Berdasarkan Manuskrip Kalibening di Auditorium UMP, Kamis (20/10).

 

Manuskrip Kalibening merupakan naskah sakral karena hanya boleh dibaca pada tanggal 12 Rabiul Awal. Manuskrip ini ditulis pada kertas yang dibuat dari kulit kayu dengan huruf Jawa gaya abad 16-17.‎

Teks ini merupakan satu benda pusaka yang tersimpan di rumah jimat di Dukuh Kalibening Desa Dawuhan yang lokasinya tak jauh dari makam Adipati Mrapat.

 

 "Karena sakralnya manuskrip ini sehingga tidak banyak orang yang tahu bahkan membacanya. Untuk itu, tujuan dibuatnya buku Bibliotheca Banyumasica ini agar masyarakat Banyumas menjadi tahu warisan leluhur yang harus terus dijaga dan dilestarikan," kata Sugeng.

Sugeng mengatakan, mengingat pada tanggal 27-29 Oktober ini akan ada Konggres Bahasa Pangiyongan, buku Bibliotheca Banyumasica bisa sebagai bahan atau materi penambah wawasan peserta konggres.

"Saya minta pembicara dalam konggres punya komitmen besar agar dialek Banyumasan dan Bahasa Pangiyongan ini bisa maju di kemudian hari.‎ Konggres harus ada perencaanan yang  bagus dan bisa dilaksanakan secara kontinyu," katanya. (rar)

Sumber Berita: http://satelitnews.co/berita-prof-sugeng-luncurkan-buku-keramat-kalibening.html#ixzz4ShVH3F8Z

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239