Prof. Sugeng, Narasumber FGD Hari Jadi Banjarnegara

 

BANJARNEGARA-50 peserta dari unsur Eksekutif, legislatif, tokoh masyarakat, budayawan dan seniman tergabung dalam Forum Grup Discusion (FGD) yang membahas tentang pelestarian budaya dengan tema Kaji Ulang Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Acara diadakan di Sasana Bhakti Praja Setda Banjarnegara, Selasa (15/8/2017).

 

FGD tersebut menghadirkan 3 pembicara yakni Dr. Purnawan Basundoro (Ilmu Sejarah UNAIR Surabaya), Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M.Hum. (Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto), dan Heni Purwono, M.Pd. (Guru Sejarah).

Read more: Prof. Sugeng, Narasumber FGD Hari Jadi Banjarnegara

Sinopsis Buku Historiografi Indonesia

Karya :Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M. Hum.
Ukuran : 15.5 x 23 
Jumlah Halaman : 369
ISBN : 978-602-258-306-6

 

Jika historiografi Indonesia itu dipandang gagal, kegagalan itu merupakan andil dari para sejarawan Indonesia sendiri. Kegagalan itu tidak bisa ditimpakan kepada Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo. Para sejarawan Indonesia harus berusaha mengasah diri agar berhasil menulis sejarah bangsa sendiri dengan mengembangkan spesialisasi masing-masing dengan landasan sejarah lokal yang kuat. Penelitian sejarah lokal harus digiatkan di seluruh Indonesia agar para sejarawan di lokalnya masing-masing dapat meraih kesejarawanan yang paripurna. Hasil-hasil penelitian sejarah lokal sebagai micro-unit akan dapat mengisi banyak kekosongan pada tubuh Sejarah Nasional Indonesia sebagai macro-unit. 


Historiografi Indonesia yang konvensional harus ditinggalkan dan berusaha keras melahirkan historiografi Indonesia yang lebih menantang, seperti historiografi yang menyangkut tokoh-tokoh Soekarno, Soeharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Soesilo Bambang Yudoyono, dan Joko Widodo. 

JADWAL UAS PENDIDIKAN SEJARAH TA 2016/2017

 

JADWAL UAS SEMESTER GASAL TA 2016/2017

 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH

 FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

 

Read more: JADWAL UAS PENDIDIKAN SEJARAH TA 2016/2017

Program Studi Pendidikan Sejarah UMP Gelar Launching Buku dan Kuliah Tamu

Program Studi Pendidikan Sejarah di bulan Desember 2016 menyelenggarakan dua event akademik besar yakni Launching Buku dan Kuliah Tamu Pendidikan Sejarah. Acara yang dihelat di Aula AK Anshori UMP, Sabtu 26 November 2016 itu berlangsung semarak. Event akademik yang pertama adalah Launching Buku berjudul “Sosok Inspiratif yang Bersahaja: Persembahan Untuk Prof. Dr. Husain Haikal, MA dari Murid dan Kolega di Universitas Muhammadiyah Purwokerto”. Buku ini adalah buku yang ditulis dan didikasikan oleh dosen-dosen Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk Prof. Dr. Husain Haikal, salah seorang staff pengajar di Pendidikan Sejarah UMP yang berakhir kontrak mengajarnya tahun 2016 ini.

Acara yang dihadiri lebih dari 100 peserta yang berasal dari mahasiswa, guru Sejarah, dan peminat sejarah itu berlangsung meriah. Dibuka oleh Wakil Dekan I FKIP UMP, Drs. Pamujo, MM., M.Pd. Beliau juga mantan mahasiswa Prof. Dr. Husain Haikal ketika menjadi mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah IKIP Yogyakarta. Dalam sambutan yang cukup panjang itu, WD I mengenang pula sosok Prof. Dr. Husain Haikal yang menjadi salah satu gurunya berpengaruh selama menempuh studi di IKIP Yogyakarta. “Prof. Haikal memiliki gaya sendiri dalam mengajar di kelas, dan beliau selalu menanamkan kepada para mahasiswanya untuk giat membaca dan menulis. Metode mengajar beliau banyak dirasakan manfaatnya bagi para mahasiswanya di kemudian hari. Sebagai seorang dosen, saya merasakan kemanfaatan itu, terutama pengalaman dalam penulisan karya ilmiah,” terang Drs. Pamujo, MM, M.Pd.

Read more: Program Studi Pendidikan Sejarah UMP Gelar Launching Buku dan Kuliah Tamu

Dosen Pendidikan Sejarah UMP Presentasikan Makalah di University of Malaya

Arifin Suryo Nugroho, M.Pd, dosen Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purwokerto mempresentasikan makalahnya dalam Konferensi Internasional dalam kajian hubungan Malaysia-Indonesia di Faculty of Arts and Social Sciences, University of Malaya, Kuala Lumpur Malaysia pada hari Rabu 17 Agustus 2016. Konferensi internasional yang dihelat tahunan itu, pada tahun 2016 mengangkat tema  A Decade Promoting Bilateral Prosperity.

 Konferensi internasional Indonesia-Malaysia tahun 2016 adalah konferensi yang ke-10. Subtema pada tahun ini adalah:

Read more: Dosen Pendidikan Sejarah UMP Presentasikan Makalah di University of Malaya

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239