Sejarah dan Profil Program Studi

 

Program Studi Pendidikan Sejarah merupakan salah satu program studi yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang didirikan pada Juli 1984. Program studi ini mendapatkan pengakuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menyelenggarakan pendidikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendikbud Nomor 0/02/0/1987 tanggal 23 Februari 1987.Program studi ini memperoleh status terakreditasi B tanpa visitasi pada tanggal 24 Oktober 2016. Status akreditasi tersebut termaktud dalam SK BAN PT No. 424/SK/BAN PT/AKRED/S/X/2014 yang berlaku hingga tanggal 23 Oktober 2019. Saat ini Program Studi Pendidikan Sejarah sedang berupaya keras untuk meningkatkan Status Akreditasinya menjadi A.

Dalam rangka menjamin mutu dalam pelaksanaan akademik, Prodi menetapkan beberapa poin sasaran mutu. Sasaran Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang diharapkan dicapai pada tahun 2015 adalah:

1.       Lulusan tepat waktu minimal 85% dengan IPK > 3,00

2.       Lulusan cepat bekerja (3 bulan setelah wisuda) minimal 60%

3.       Dosen berkualifikasi dan berkompetensi tinggi (Skala Indeks Kepuasan 1 – 5) 90% nilai ≥ 4

4.       Layanan mahasiswa dalam Skala Indeks Kepuasan 1 – 5) tergolong baik, minimal 80% nilai ≥ 4

5.       Dihasilkannya tenaga Kependidikan Sejarah yang profesional yang unggul dalam bidang sejarah, beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia, serta memiliki kemampuan akademik dan profesional sehingga mampu bersaing, baik di tingkat lokal maupun nasional

6.       Dihasilkannya lulusan yang memiliki bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai pendidik sejarah sekaligus sejarawan yang peka terhadap perkembangan masyarakat dan realitas sosial kekinian

Dalam mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran tersebut, Program Studi Pendidikan Sejarah dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi di bawah koordinasi Dekan dengan dibantu Penasihat Akademik dan Kepala Laboratorium Sejarah. Organisasi Program Studi Pendidikan Sejarah yang ramping dan sederhana ini diharapkan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Mekanisme pengambilan keputusan dilakukan dari bawah ke atas atau secara bottom up. Mekanisme yang semacam ini telah menciptakan dinamisasi dan sinkronisasi dalam pengelolaan lembaga dengan memotivasi setiap personal untuk memiliki jiwa kepemimpinan sehingga program studi ini memiliki perencanaan dan pengembangan program yang cukup matang. Komunikasi alumni terjaga dengan relatif baik melalui pelacakan lulusan sehingga informasi yang akurat tentang keberhasilan alumni dan spesifikasi keahlian yang dibutuhkan pasar dapat diperoleh dengan cepat.

Aktivitas akademik Program Studi Pendidikan Sejarah dilakukan oleh 13 orang dosen, yang terdiri atas 7 orang dosen tetap prodi, 4 orang dosen tetap luar prodi, dan 2 dosen tidak tetap. Dari 13 orang, dosen tetap dengan kualifikasi S-3 sebanyak 3 orang, S-2 ada 9 orang, dan 1 orang dalam proses menyelesaikan S-2. Dari kualifikasi S-2 sebanyak 3 orang sedang menempuh studi lanjut S-3. Jenjang jabatan akademik yang dimiliki dosen adalah 2 orang Guru Besar, 2 orang Lektor Kepala, 3 orang Lektor, 2 orang Asisten Ahli, 1 orang sedang dalam proses untuk memperoleh jabatan Asisten Ahli, 2 dosen tenaga pengajar. Dengan demikian, khususnya dosen tetap Program Studi telah memiliki kewenangan dalam mengajar dan menguji secara mandiri. Dukungan sumber daya manusia (SDM), yang cukup memadai dan pengelolaan, yang baik memungkinkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran.

Kinerja dosen Program Studi Pendidikan Sejarah dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma penelitian, ternyata  telah   mampu bersaing pada tingkat nasional terbukti dengan diperolehnya   dana yang cukup besar. Dari sejak tahun akademik 2008/2009 sampai pada semester genap tahun akademik 2013/2014 pada bidang Penelitian telah dihasilkan 16 judul dengan besarnya dana Rp. 195.400.000,00 dan buku ber-ISBN sebanyak 25 judul. Untuk karya ilmiah yang dihasilkan yang telah dipublikasikan berjumlah 47 judul (30 judul pada jurnal nasional terakreditasi dan 17 judul pada jurnal nasional belum terakreditasi). Pada bidang Pengabdian Masyarakat telah dihasilkan 15 judul dengan dana Rp. 35.600.000,00. Dana tersebut bersumber dari UMP, Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, DIKTI dan lembaga-lembaga lain di luar UMP. 

Pada semester gasal tahun akademik 2013/2014 jumlah mahasiswa yang dimiliki (student body) sebanyak 188 orang. Mahasiswa baru angkatan 2013/2014 yang diterima pada Program Studi Pendidikan Sejarah adalah 23 orang. Pada jumlah mahasiswa baru yang mendaftar dan diterima setiap tahunnya mengalami perubahan yang bersifat fluktuatif, hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti tingkat ekonomi orang tua mahasiswa, dan faktor jumlah mahasiswa yang mendaftar pada seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di tingkat Universitas. Meskipun mengalami fase fluktuatif dalam jumlah mahasiswa, tetapi Prodi Pendidikan Sejarah masih mendapatkan minat yang bagus dari calon mahasiswa baru. Keberhasilan program studi dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas sangat mempengaruhi minat calon mahasiswa. Masa tunggu lulusan dalam mencari pekerjaan rata-rata selama 5 bulan. Hal ini disebabkan karena kebutuhan tenaga pengajar sejarah di sekolah-sekolah masih cukup banyak.

Infrastruktur Program Studi Pendidikan Sejarah meliputi gedung, ruang kuliah, perpustakaan, dan laboratorium sejarah, serta laboratorium micro teaching (di dalamnya dilengkapi dengan alat yang canggih dan terdiri atas ruang demontrasi, ruang pengamat, serta ruang evaluasi). Jaringan sistem informasi manajemen untuk pengelolaan data akademik dengan menggunakan sistem LAN (Local Area Network), internet, serta fasilitas lain yang cukup memadai merupakan faktor pendukung yang membuat lancar jalannya proses pembelajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat.

Kurikulum dirancang secara khusus sehingga isi dan implementasinya sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Pendidikan Sejarah yang relevan dengan kebutuhan pengguna (stakeholder). Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah disusun yang mencakup kompetensi utama (inti), pendukung, dan kompetensi lainnya yang merupakan mata kuliah pembentukan kepribadian sebagai ciri khas Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Hubungi Kami

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Ext. 134

Fax  : (0281) 637239